Wednesday, October 29, 2014

Manfaat Khasiat Akar Pohon Dan Daun Beringin

Pohon beringin sangat identik dengan segala sesutu yang berbaru mistis. Bnyak orang menganggap pohon besar itu suci dan tempat kekuatan magis berkumpul. Tak jarang pula orang yang berfikir kalau lokasi disekitar pohon beringin adalah tempat yang "angker"'


Manfaat Pohon Beringin

Di balik semua rahasia yang terimpan, pohon beringin ternyata memiliki manfaat besar dalam menyembuhkan sejumlah penyakit.

Beringin yang bernama Latin Ficus benyaamia L, memiliki ketinggian sekitar 20-25 m. Batangnya tegak, bulat, dengan permukaan kasar. Pada bagian batang ini keluar akar gantung (akar udara). Pohon yang disebut waringian pada masyarakat Jawa dan Sumatra ini, memiliki bentuk daun tunggal, bertangkai pendek, dengan letak bersilang berhadapan. Bunganya tunggal, keluar dari ketiak daun, sementara buahnya buni berwarna hijau saat masih muda dan merah setelah tua.

Kandungan:

Akar udara yang terletak pada bagian batang pohon beringin mengandung asam amino, fenol, gula, dan asam orange. Memiliki rasa yang sedikit pahit, namun sejuk.

Khasiat:

Akar dan daun adalah bagian dari tanaman yang berkhasiat untuk mengatasi pilek, demam tinggi, radang amandel (tonsilitas), nyeri pada rematik  sendi, dan luka terpukul (memar). Sementara daunnya berkhasiat menyembuhkan  influenza, radang saluran napas ( bronkitis), batuk rejan (pertusis), malaria, radang usus akut ( akut enteritis), disenteri, dan kejang panas pada anak.

Ramuan dan Takaran:

Atasi kejang panas pada anak.

 Siapkan sekitar 100 gr daun beringin segar. Cuci bersih lalu rebus bersama 5 liter air selama 25 menit. Gunakan air rebusan ini selagi hangat untuk memandikan anak yang sakit.
 
Obat amandel.

 Untuk mengobati amandel, kita memerlukan akar udara beringin. Siapkan akar udara beringin sebanyak sekitar 180 gram, lalu siakan pula cuka sebanyak 1 gelas.

     Rebus akar beringin dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Sebelum direbus sebaiknya potong-potong dahulu akar beringinnya. Setelah direbus  tambahkan  cuka lalu biarkan air rebusannya dingin..

Cara menggunakannya, pakai hanya kumur, dan lakukan  beberapa kali sehari.
dan juga manfaat kulit manggis

===============

Itulah manfaat beringin untuk kesehatan, baca juga artikel manfaat daun sirsak.

Manfaat Khasiat Akar Pohon Dan Daun Beringin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment