Monday, October 27, 2014

Manfaat Dan Khasiat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan

Nah berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun keji beling untuk kesehatan tubuh, serta sebagai obat tradisional berbagai penyakit.


Manfaat Daun Keji Beling

Indonesia yang sangat kaya dengan aneka tumbuh-tumbuhan obat, sudah lama mengenal manfaat dari daun keji beling. Karena telah terbuktu khasiatnya selama beberapa generasi sebagai penyembuh berbagai macam penyakit. Tumbuhan keji beling sebenarnya sering dapat kita jumpai tumbuh liar di pekara-ngan atau kebun. Tumbuhan ini juga mudah sekali tumbuh didataran tinggi maupun dataran rendah, tampak nya tumbuhan keji beling ini sangaat mudah beradaptasi di iklim tropis seperti di Indonesia.

Di balik kemudahannya tumbuh disembarang tempat dan sering disangka tanaman liar, tersembunyi manfaat tumbuhan keji beling, terutama untuk mengobati gangguan ginjal. Sepert yang kita ketahui bahwasanya ginjal adalah salah satu organ vital didalam tubuh kita yang berfungsi sebagai saluran ekskresi. Salah satu gangguan ginjal yang dapat disembuhkan oleh ramuan keji beling adalah batu ginjal.

Tumbuhan ini mempunyai kandungan kalsium karbonat yang tinggi dsn air rebusannya bersifat alkali yang lemah. Daun keji beling mempunyai kandungan mineral yang sangat tinggi seperti kalium, kalsium, natrium, ferum, dan fosfor. Daun ini juga mengandung kafein dalam kadar yang rendah. Kalium ysng terkandung dalam keji beling berfungsi melancarkan air seni serta menghncurkan batu dalam empedu, ginjal, dan kandung kemih. Natrium berfungsi meningkatkan cairan ekastraseluler yang menyebsbksn peningkatan volume darah. Kalsium berfungsi membantu proses pembekuan darah dan sebagai katalisator berbagai proses biologi dalam tubuh dan mempertahankan fingsi membran sel. Sementara itu, asam silikat berfungsi mengikat air, minyak, dan senyawa-seanyawa non-polar alinnya. Kandungan kalium, natrium, dan kalsium itu membuat rasa keji beling pahit.

====================

Manfaat dan Khasiaat Keji Beling

Beberapa alternatin membuat ramuan obat tradisional dengan memanfaatkan daun beji beling, antara lain:

Alternatif pertama:

Siapkan 10 gram daun kering atau 30 gram daun keji beling segar. Cuci sampai bersih, lalu rebus dalam 250 ml air bersih sampai tersisa 150 ml. setelah dingin, saring. Bagi untuk 3 kali minum dan habiskan dalam sehari.

Alternatif kedua:

sediakan daun keji beling 25 gram, daun sawi 40 gram, biji sawi 20 gram, dan temu lawak. Cara pembuatannya, semua bahan direbus dalam 3 gelas air hingga tingal separuhnya. Hasil rebusan itu di minum 4 kali sehari dan lakukan secara teratur.

====================

Nah itulah manfaat daun keji beling untuk kesehatan, baca juga artikel kesehatan tentang manfaat daun kumis kucing.

Manfaat Dan Khasiat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment